Wednesday, March 11, 2009

PENGALAMAN SPIRITUAL-KU YG ANEH NYATA .

Sunset



Kalian boleh percaya atau ngga’ kok . tenang aja atuh , yg penting kejadian ini nyata banget dan ga’ ngarang2 . lagian rugi banget lah jika aku karang2 sendiri. apa untungnya gitu loh … namun orang2 yg langsung terlibat dengan peristiwa saat itu ngga’ aku sebutin namanya , soale udah jadi pesenan gitu sih .

- YANG PERTAMA :
adalah saat aku menjadi khodam ndalem ( pembantu rumah ) seorang kyai . beliau tuh sangat terkenal dg ke-waliannya ( wali adalah seseorang yg diberi derajat istimewa oleh Allah. dan sebutan yg lebih mudah adalah ‘ kekasih Allah’) .
gini deh kisahnya :

beliau tuh membuat aku heran waktu itu . gimana ngga’ , wong rame orang bilang jika kyai A ( sebut aja dg nama itu ) itu adalah kekasih Allah atau seorang wali-NYA . namun kenyataannya ? aku ngga’ pernah ngelihat beliau sholat . nah lho , aneh ngga’ ? .  hari demi hari aku selalu perhatikan beliau disaat dirumah . meski aku sedang mengerjakan tugas-2 sebagai khodam seperti biasanya, namun hati ini bergejolak tanda Tanya : “ kenapa beliau tak pernah sholat ? . bukankah beliau seorang wali Allah ?” . itu saja yg selalu menggangu pikiranku tiap hari .

hingga disuatu hari , pikiran seperti tadi sangat meng-gangguku ngga’ seperti biasanya . hingga aku berkesimpulan begini :

“ percuma aku menjadi seorang khodam seorang kyai yg ngga’ pernah sholat .
apa nya yg aku contoh dari beliau ? barangkali aja orang2 diluar sana keliru dg menyebut beliau seorang wali “ .

disaat hati sangat bergejolak , tiba2 kyai A memanggilku :
“ Gus … sini sebentar . letakkan sapunya “ .

aku kaget beliau panggil aku . aku segera mendekat . aku duduk sopan seperti layaknya santri dihadapan kyai-nya . oleh beliau aku disuruh lebih deket lagi . aku-pun lebih dekat lagi. aku sangat sungkan sekali . beliau melihat aku dalam2 . seakan tahu apa yg ada dihati ini . dan tiba2 beliau mengarahkan tangannya kekepala belakangku . entah apa yg terjadi yg penting aku tertidur dg posisi duduk seperti semula .

dalam tidur itu aku bermimpi seakan berada disuatu tempat yg tanahnya serba putih dan bersih . luas banget deh tempatnya . aku sendirian disitu . sepi ngga’ ada sapa2 . dan ternyata agak jauh terlihat ada masjid satu2-nya yg terlihat . aku dekati masjid itu . belum sampai aku memasuki masjid itu , ternyata pundakku  ada yg pegang . aku menoleh . ternyata kyai A itu ada didekat ku .  beliau bilang :
“ sampeyan wudhu’ dulu . mari kita sholat berjama’ah dg ku “ .

aku langsung mengambil air wudhu’ . setelah selesai , aku memasuki masjid itu dan ternyata beliau sudah menungguku . setelah aku mendekat , maka sholat berjama’ah dimulai . Cuma aku dan kyai A itu . dan beliau sebagai imamnya .
tahu ngga’ , berapa kali sholat yg kita kerjakan ? , ternyata 200 rokaat yang tiap-tiap 2 rokaat , salam . lama banget kan ? tapi ngga’ ngerasa capek sama sekali tuh dalam mimpi itu . dan apa yg terjadi selanjutnya ?

“ Gus , bangun . bangun “ .

aku terbangun karena beliau membangunkan aku dg memukul pelan kaki-ku . setelah aku terbangun , beliau bilang ,

“ nah , semoga itu tadi bisa menjawab semua pertanyaan hati sampeyan “ .

aku ngerasa salah saat itu . aku menangis dan minta maaf pd beliau . beliau Cuma senyum dan bilang ,

yo . . . ngga’ apa-apa. saya seneng kok dg sampeyan . kalau ngga’ seneng buat apa yg tadi itu terjadi “ . kata beliau . legah rasanya .

tahu ngga’ , berapa lama aku tertidur ( atau ditidurkan ? ) tadi hingga mimpi sholat berjama’ah 200 rokaat ? Cuma ga’ kurang 5 menit aja ! wah , luar biasa ! dan ini bener2 terjdi dan ngga’ pernah aku lupakan se-umur hidupku . Thanks Allah …

- YANG KEDUA :

ini terjadi ketika hari jum’at . kebetulan didesa ku sendiri . ngga’ tahu kenapa kok terjadi padaku . gini kisahnya :

sebut saja beliau dg nama ‘ kyai B ‘ . beliau itu sangat ‘alim , zuhud dan wara’ . lumayan sepuh umurnya . beliau sangat akrab dan sayang sekali padaku . dalam hal berbincang-bincang dimanapun tempatnya , beliau selalu panggil aku . intinya beliau suka jika ada aku disampingnya ( ini memang beliau katakan padaku ) .

hanya sholat , berdzikir ,mengaji dan muthala’ah kerja beliau sehari-hari . dengan kyai B ini , aku mengalami banyak kejadian aneh . dan itu ngga’ bisa terbantahkan karena aku sendiri yg mengalaminya . percaya or ngga’ emang itu kejadiannya . aku sering diajak keluar oleh beliau dg mobil sedan lamanya . sering makan bareng . dan beliau suka becanda . lucu kok kalau becanda. Namun jika aku punya salah , maka ngga’ tanggung2 kalau marah padaku . aku pernah dilempar bakiak ( sandal kayu ) dan lain2-nya . tapi itu beliau lakukan karena rasa saking-nya padaku kok .

nah sekarang , aku tulis beberapa kejadian antara aku dan kyai B itu :

1 . dihari jumat saat itu , mendung sekali . namun yg namanya umat  islam semuanya pada berangkat kemasjid . aku-pun juga berangkat kemasjid itu yg jaraknya 200 meteran dari rumahku .

nah , ketika sholat jumat selesai , aku pulang dg jalan kaki . namun ditengah perjalanan pulang hujan mendadak turun dg lebatnya bercampur  angin lagi . aku berhenti dan berteduh dibawah pohon besar .

ah, hujan ini pasti lama pikirku . disaat aku berteduh itu , aku lihat kyai itu berjalan ditengah hujan lebat tanpa memakai payung . aku lihat aja dg heran . tiba-tiba beliau mendekati aku dan bilang gini :

“ bi , sini bi . ngapain disitu ? “ Tanya beliau sambil menghampiriku .
“ hujan yai . nanti basah semua “ . jawabku .

dan aneh bener lo , beliau sendiri bajunya kering . padahal dari tadi beliau berjalan dibawah hujan lebat itu .

“ ya sudah , sekarang ikut aku dan pegang aku , jangan kawatir “ .

gitu kata beliau padaku . aku sih heran dan nurut aja . dan apa yg terjadi ? selama aku pegangan badan beliau dan berjalan dibawah hujan lebat itu , ngga’ setetes air hujan-pun yg menyentuh tubuh dan bajuku . hingga didepan rumahku , beliau bilang :

“ nah tuh bi , sudah sampai . sekarang kamu pulang “ .

sampai disini nih , aku lepaskan pegangan kebadan beliau . dan aku berlari menuju rumahku yg mungkin berjarak 15 meteran . tau ngga’ ketika aku berlari menuju rumah ku itu kenapa ? basah ! karena udah ngga’ pegangan lagi dg beliau . aku lihat baju ku yg hampir basah semuanya itu . aku heran juga . lalu aku lihat beliau yg masih berdiri diluar itu . beliau Cuma tersenyum padaku . dan ? beliau masih tetap kering . subhanallah ! . silahkan niru deh .. hehehe

2 . masih dg kyai B tadi . saat musiman  pulang haji. ini bermula ketika aku mendengar kabar , bahwa banyak orang yg ketika dimakkah, mengaku bertemu dg kyai B itu , bahkan beliau itu yg memimpin manasik haji disana . itu ngga’ tahun ini aja , sering aku dengar kabar seperti itu ditahun2 yg lalu . terus anehnya dimananya coba ? ya gimana ngga’ aneh , wong beliau setahuku ada dirumah kok . hampir tiap hari aku bertemu dan berbincang dg beliau . bahkan keluarga dan tetangga merasa yakin bahwa kyai B itu ngga’ naik haji . kok tiba2 sering ada yg bilang bertemu dimakkah dg beliau .

nah suatu ketika , aku dipanggil oleh beliau siang itu . akupun menghadap . beliau berkata padaku :

“ sini bi. kenapa ? kamu heran ya banyak yg bilang saat dimakkah banyak bertemu dg ku ? “ . Tanya beliau dg senyum padaku . lo ? kok beliau tahu ? tambah heran aku .

“ enggeh ( iya ) yai “ . jawabku singkat .

beliau menoleh kekanan dan kiri . begitu sepi beliau pegang tanganku dan ajak aku .

“ sini ikut aku “ .

tanganku beliau pegang dan diajak menuju pintu belakang . bisanya pintu itu sering aku buat jalan keluar jika ingin ketempat tetangga belakang rumah itu . memang belakang rumah kyai B itu banyak rumah tetangga . namun saat ini lain . begitu dekat pintu itu , beliau berkata padaku :

“ coba kamu buka pintu itu bi . jangan lupa baca bismillah dulu “ .

perintahnya . beliau tetep berdiri aja . sedang aku menuju pintu itu dan membukanya . dan apa yg terjadi ? ternyata rumah tetangga yg biasanya aku lihat tak ada disana . dan yg aneh adalah tanahnya ngga’ seperti tanah biasanya , agak putih dan berpasir . luas banget . dan diujung tanah itu banyak orang yg berpakaian putih2 sama dg pakaian orang yg lagi naik haji saat manasik . terlihat juga banyak bangunan dari jauh yg tidak seperti bangunan rumah Indonesia . tapi bangun rumah2 arab . tertegun aku melihatnya . nggak terasa aku bengong ( bisa jadi saat itu aku ngiler hehehe ) .

“ nah , itulah kota makkah . jika saya mau sholat atau naik haji kemakkah , maka aku lewat disini “ . kata beliau tenang .

sedang aku ? ya gitu , sukses bingung dan bengong terus . beliau berpesan lagi begini :

“ bi, aku pesan padamu , selagi aku masih hidup , jangan pernah kau ceritakan hal ini pada siapapun juga sampai aku meninggal nanti. tadi itu hanya Cuma membuktikan kebesaran Allah jika berkehendak pada mahluk-NYA . dan sekarang kamu sudah tahu dan mengerti . tak ada yg sulit bagi Allah . apapun diberikan buat para kekasih2-NYA “ .

pesan beliau . aku menitiskan air mata saat itu . ngga’ tahu lagi apa yg aku rasa . yang pasti , aku semakin mencintai beliau dan para kekasih2-Allah lainnya . semoga aku dapat keberkahan atas peristiwa itu . karena beliau sudah wafat , maka mulai aku kisahkan . tapi tidak dengan menyebut nama beliau dg berbagai alasan .Thanks Allah .


3 . masih tetep dg kyai B tadi . suatu ketika beliau lihat aku sedang naik sepeda motor. beliau menepuk tangan memanggilku saat melihat aku . lalu setelah aku menghampiri beliau , aku berkata :

“ dalem yai ( iya kyai ) “

sambil menunduk sopan aku menghadap beliau .

“ tolong bi , bungkusan ini kamu kasihkan ke istriku dirumahnya . cepet ya karena sudah ditunggu “ .

perlu diketahui saat menyuruhku itu beliau dirumah istri mudanya . sedang bungkusan itu disuruh mengirim ke rumah istri tuanya yg jaraknya mungkin  200 meter-an .

“ inggih ( iya ) “

kataku dan segera membawa bungkusan itu dg segera . aku kebut motorku . mungkin Cuma 1-2 menitan maka sampailah aku didepan rumah kyai B itu . setelah aku pencet bel dan salam , tiba2 pintunya terbuka dan yg keluar adalah kyai B itu sendiri . hah? Aku jadi heran . bukan-kah yg nyuruh aku tadi juga kyai B ? . saat bengong , beliau bilang :

“ sini bi , sudah tak tunggu dari tadi “ .

sekali lagi , hah ? ah entahlah ! allahu akbar ! . thanks Allah ..


4 . ini masih dengan kyai B . saat itu aku masih mondok dikediri . ketika aku pulang kerumah Surabaya , aku dipanggil oleh kyai B itu . ketika aku sowan kerumah beliau , beliau bertanya ,

“ bi , kamu sudah berapa tahun mondok di kediri ? “ . Tanya beliau
“ insyaallah 3 tahunan yai “ . jawabku .

“ oh lumayan , kamu harus rajin belajar-nya . mumpung masih ada orang tua . dan mumpung saya masih hidup , bisa ngawas-ngawasi kamu . ingat bi , hidup-ku ini kurang 3 tahunan lagi . gunakan waktumu sebaik-baik-nya “ .
pesan beliau padaku. hah ? kurang 3 tahunan lagi ? yang bener nih ? . batinku saat mendengar pembicaraan kyai B tadi . emang seakan ga’ masuk di-akal sih . namun aku percaya saat itu .

hari berganti hari dan tahun berganti tahun , aku sudah lupa dg ucapan kyai B tadi . lagian beliau dulu berpesan agar tak ngasih tahu siapapun juga . namun semuanyan sudah aku catat dibuku harianku .

sekarang sudah 3 tahun kurang 3 bulan sejak beliau berkata yg dulu itu . dan akupun lupa akan hal kematian itu. Seperti biasa , tiap aku bertemu beliau pasti aku dipanggilnya . seperti saat ini ,

“ bagaimana kabar kamu BI ?” . Tanya beliau ketika bertemu dgku .

“ alhamdulillah baik yai “ . jawabku sopan banget .

“ inget bi , jangan malas-malasan ya , aku doakan kamu semoga mendapakan ilmu yg bermanfaat . dan kamu harus inget lagi , umur-ku sekarang tinggal 3 bulanan lagi” . pesan beliau padaku . hah ? aku semakin deg2-an aja dengernya . tapi bukankah beliau saat ini sehat wal-afiat ? kata batinku .

begitulah , sejak pesan itu aku terima , aku selalu gelisah . dan tak terasa sekarang waktunya 3 tahun kurang 3 minggu lagi sejak pesan yg pertama dulu . dan sama seperti yg sebelumnya , aku dipanggil beliau dan selalu berpesan agar selalu rajin dan jaga sholat 5 waktu.

“ saat ini umurku kurang 3 minggu lagi bi “ .

itulah pesan beliau padaku . dan aku merasa sangat terharu . sepertinya aku belum siap ditinggalkan beliau . segera aku catat pesan beliau seperti yg sebelumnya dibuku-ku .
singkat kisah , hari ini adalah waktunya 3 tahun kurang 3 hari lagi . aku gelisah sekali . terkadang aku menangis dalam kesendirianku . apalagi aku lihat kyai B sudah mulai sakit . namun beliau mamanggilku lagi . seperti yg sebelumnya,beliau berpesan yg baik2 padaku . dan yg terakhir berpesan dg berbisik pd-ku karena sakit :

“ saat ini umurku tinggal 3 hari bi , sungguh rasa syukur-ku tak bisa dibatasi oleh apapun . aku rindu bertemu Allah dzat yg indah “ .

itulah pesan beliau dg berbisik dg ku . aku menangis . aku pegang tangan beliau . aku ciumi . dan aku minta maaf jika terdapat kesalahan selama ini . beliau tersenyum . dan aku disuruh pulang dan berpesan utk menyimpan rahasia ini .
setelah bertemu dg beliau siang tadi , ternyata beliau dibawa kerumah sakit oleh keluarganya . dan singkat kisah , genap 3 hari yg sudah beliau pesankan padaku sejak 3 tahun yg lalu , 3 bulan yg lalu dan 3 minggu yg lalu akhirnya beliau mnghembuskan  nafasnya yg terakhir dg husnul khotimah . beliau meninggal dunia dg wajah yg bersinar dan tersenyum . aku cium kening beliau . aku lihat wajah beliau yg begitu indahnya . aku menangis .., dan ah , kalian pasti bisa membayangkan rasa hatiku saat itu . dan hari ini aku tulis kisah ini .
thanks Allah ..


- YANG KETIGA :


Kalau yang ini terjadi saat aku masih dipesantren . disamping aku mencari ilmu disana , aku juga mencari barokah dg menjadi khadam ( pembantu kyai ) disana . kebetulan saat itu aku sedang bersih-bersih rumah gus ( panggilan putra kyai-ku ). Namanya gak perlu aku sebutin deh . aku inget kala itu sore menjelang maghrib. aku lihat gus sedang main catur dari tadi dengan orang yg gemuk dan gundul kepalanya . pikirku kok main caturnya dari tadi gak selesai2 sih? Apa gak capek ya ? apalagi tamu gus itu banyak omong dan ketawanya keras banget. Kenapa sih gus kok nggak nyuruh dia pulang aja ?.  yang anehnya lagi , gus kelihatan agak sopan dan nurut dg orang itu . kalau dilihat dari segi bentuk sih,orang gundul itu bukan kyai atau sejenisnya deh . habis cara ngomongnya dan lagaknya kasar dan sok banget sih . jengkel aku dibuatnya .

hingga jam 8 malem baru terdengar orang gundul itu pamit . aku intip dari dalem. Terlihat gus kok salaman pake cium tangan orang itu ya ? wah , aku curiga nih . jangan-jangan tamu itu bukan orang sembarangan . kalau nggak , mana mungkin putra kyaiku cium tangan sama dia . ya kan ? .

karena penasaran , aku ikuti tamu itu sampai ketempat penyebrangan sungai brantas . sungai besar dan deras loh . biasanya disana ada jasa penyebrangan pakai perahu . namun kali ini orang yg jaga perahunya ngga  ada . mungkin pulang bentar untuk makan . orang gundul itu merasa capek nunggu , akhirnya dia gak sabar . orang itu tiba2 masuk aja ke-air sungai brantas itu .

hah ? dengan mata kepalaku sendiri aku lihat orang itu berjalan diatas air dengan enaknya . terus dan teruuus melangkah diatas air hingga sampai. Masya allah . terbengong aku dibuatnya .ketika aku kembali ketempat gusku , aku memberanikan diri bertanya pada beliau , siapa sebenarnya tamu itu ?  Dengan senyum beliau menjawab ,

“ opo to ? ora usah weruh ! kono , ndang mangan wae ( apa sih ? ngga’ perlu tahu! Sana , cepet makan ! ) .

yah , siapa ya kira-kira ? . sumpah , sampai detik ini aku gak tahu siapa orang itu.

thanks  Allah …


- YANG KE-EMPAT :


Kalau ini terjadi dizaman saat masih mondok juga . sdh menjadi kebahagianku  jika bisa sowan kekyai-kyai sepuh yg penuh barokah . jadi intinya , selama aku berada dipesantren , aku tuh selalu Tanya dan Tanya tentang sosok kyai yg masih hidup yg anti politik . dan berprilaku seperti layaknya kyai-kyai kuno .  siapa-pun kyai itu , jika memang ada kyai seperti itu maka aku segera berangkat dan sowan kepada beliau untuk sekedar silaturrahmi dan minta do’anya .aku ini orangnya kurang bisa mendekatkan diri pada Allah , maka selayaknya aku berusaha mendekati orang-orang yg selalu mendekat pada Allah . agar disamping mendapat berkahnya , juga sebagai penyemangat hidup .

seperti saat itu , aku mendengar kabar bahwa didaerah perbatasan daerah kediri dan kertosono , kalau gak salah loh. habisnya aku lupaan dan gak  hafalan jalan . sampai saat ini . suwer deh !! hehehe ..

katanya ditempat itu terdapat pesantren kecil yg diasuh oleh seorang kyai sepuh yg umurnya mungkin lebih dari 100-an . beliau sangat zuhud dan wara’ sekali hidupnya . sebut saja namanya kyai ‘Z’ .banyak yang bilang beliau itu seorang kekasih allah ( wali ) . karomahnya sangat banyak .

nah yg membuat aku tertarik adalah karomah beliau yg jika beliau belajar / muthala’ah kitab klasik kuno ( kitab kuning )  jika ada yg kurang faham dengan salah satu tulisan dikitab itu , maka beliau diam sejenak dengan berkirim fatihah pada sang pengarang kitab tersebut agar dapat petunjuk apa yg dimaksud dg tulisan itu . dan apa yg terjadi ? ternyata ‘sang pengarang kitab’ itu datang dihadapan beliau dan menjelaskan maksud dari tulisannya itu . setelah selesai dan bisa dipahami , maka sang pengarang kitab itu menghilang . katanya sih spt itu yg beredar . pada awalnya aku ragu , namun kejadian itu pernah terjadi dihadapan orang banyak . dan akupun sempat bertanya dg beberapa saksi . dan ternyata mereka meng-iyakan kejadian itu .


Nah , dengan kemantapan yg bulat bak tahu bulat , cieee .. akupun berangkat sowan ketempat kyai Z itu . namun , setelah disana , tepat habis sholat dhuhur beliau sedang mengajar . para santri sudah pada menunggu kedatangan kyai Z . akupun ikut duduk bersama para santri2 itu . tak lama sang kyai keluar rumah dg digandeng 2 orang santrinya untuk berjalan menuju tempat beliau mengajar. karena sudah terlalu tua dan harus dibantu jalannya . aku lihat dg seksama kyai itu , subhanallah memang sangat terlihat sinar ilahi yg memancar diwajah beliau . sangat berwibawa dan anggun sekali . namun ternyata kelihatannya kedua mata-nya telah memutih pada hitamnya . itu bertanda kedua mata beliau sudah buta .


setelah beliau sampai dan duduk , mulailah pengajian itu . cukup tebal kitabnya ( aku lupa ). namun dg mata buta beliau masih bisa baca ? masya-allah, ini suatu anugrah yg tak semua kyai memiliknya , bathinku . Namun aku sempat kecewa karena ketika beliau memulai pengajiannya , ternyata pembacaan perkalimat pd kitab itu nggak jelas sama sekali . istilahnya nggeremeng ( tau ngga’ ? ) . sekilas jika didengerin bunyi-nya seperti ini :

“ HHHAAEEENNGGG ….NGGG …EEEEENNNNNGGGG … “

nah gimana coba , kalian bisa ngerti nggak ? aku jadi bingung dengernya . tapi ada yg aneh , para santri lainnya kok nyantai aja yah menyimaknya ?  bahkan ngga’ sedikit yg sesekali meng-angguk-an kepalanya ( mantuk2 ) tanda mengerti . wah , fenomena apa ini ? . akhirnya aku Tanya berbisik dg santri yg ada disampingku ,

“ kang , emang sampeyan bisa jelas ya denger suara kyai ?”. tanyaku .

“ iya , cukup jelas kok “. Jawabnya . aduh kok bisa ya ? .

“ lho kang , saya kok mendengarnya ngga’ jelas banget lho ?“ . tanyaku lagi .

“ sampeyan sejak kapan disini ? “ . kata santri itu balik bertanya padaku .

“ sejak tadi siang “.

“ memang begitu Gus , jika belum 3 hari maka ngga’ jelas suara beliau . nginep dulu disini 3 hari insyallah akan normal “ . kata santri itu menjelaskan .


karena kebulatan tekadku , akhirnya aku berniat nginap dipesantren kyai Z itu selama 3 hari . tiap hari selama nginap aku selalu mengikuti sholat berjama’ah dan pengajian kyai Z itu . namun tetap seperti semula , yg aku denger suara kyai tetep seperti suara yg ngga’ jelas itu .

akhirnya genap 3 hari aku menginap . saat waktu subuh, aku siap-siap berjama’ah seperti biasanya , yg di-imami langsung oleh kyai Z . tahu apa yg terjadi ? saat mulai berjamaah terdengar sang imam sangat merdu dan fasih dalam pembacaan fatihah dan surat alquran . ternyata setelah selesai sholat , aku baru tahu jika yg sebagai imam sholat tadi adalah kyai Z itu sendiri . subhanallah …

baru inget bahwa aku sudah 3 hari disini . dan sudah saatnya bisa mendengar suara kyai itu dengan jelas .begitu juga dengan pengajian beliau yg selama ini aku dengar sangat nggeremeng dan ngga’ jelas , namun mulai hari ini yg aku dengar dari kyai Z adalah suara yg sangat berwibawa dan jelas sekali . bahkan ketika beliau menjelaskan isi dari kitab itu , terdengar sangat jelas dan berbahasa yg indah. Sampai tertegun aku mendengarnya . legah hatiku .


dan tau ga’ ? ada lagi kejadian aneh dan nyata disaat ngaji itu . saat kyai Z itu sedang ditengah2 pengajian , dalam hati aku bilang ( sekali lagi , dalam hati lo ! ) gini ,

“ Assalamu’alaikum kyai “ .

tiba2 beliau berhenti sejenak dan menghadap ke-arahku , meski kedua matanya buta . . beliau tersenyum pada-ku dan menjawab salamku ,

“ ‘alaikum salaaam “ .

hah ? sekali lagi Hah ???? . . . beliau menjawab salamku yg kuucap dalam hati ? aku bingung dan para santri juga pada bingung karena sang kyai tiba2 jawab salam tapi gak tahu siapa tg dating. allahu-akbar . beliau memang betul2 kekasih Allah .


akhirnya aku sowan dan berpamitan dg beliau . aku minta didoakan dan dinasehati oleh beliau . banyak doa dan pesan yg aku dapatkan . alhamdulillah akhirnya aku diberi kesempatan oleh Allah bertemu dg salah satu kekasihNYA.

dan 3 hari kemudian , aku kaget dan menangis mendadak ketika mendapat berita bahwa pagi tadi kyai Z telah meninggal dunia :

INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROOJI’UUN “ .

Semoga kisah ini membawa kemanfa’atan buat aku dan semuanya
Thanks Allah.


masih ada lagi kisahku yg lainnya . tunggu aja ya , ntar aku terusin .. .



Muhammad Khoir Basyaiban

21 comments:

  1. masya allah
    beruntung bner y bsa ngalamin seperti itu..

    salam kenal y abi..

    ReplyDelete
  2. Subhanallah, pengalaman yang mengesankan..

    salam kenal, edo ca

    ReplyDelete
  3. subhanallah..allahuakbar...
    ane percya bi...
    lem kenal dr ane furqon..

    ReplyDelete
  4. Klo cerita abi khoir ketemu wali .. gw percaya
    Tp klo cerita Abi Khoir adlh Syeh ato Wali .. GK PERCAYA BLASSS111
    Peace Bi

    ReplyDelete
  5. @Kayla : hohohoho tenang aj ... diartikel ini ga' ada satu kata-pun tentang pengakuan aku adl syekh ato wali ( tp andai aku dijd-kan Allah spt mrk itu .. oh , thanks Ya Allah ) , tp tulisanku itu menepis anggapan sebagian org2 jaman skrg bahwa : " masih adakah org2 yg dikasihi Allah ( wali ) dijaman skrg ini ? ..
    ternyata ada ! dan ada !! .. " .
    tp bagaimanapun juga , pengalaman2 ku itu sangat berharga buatku smpai kapanpun ... smg aku mndapat barokah beliau2 ..amiiin .

    thanks kang coment-nya

    peace juga akh .. . hehehe

    ReplyDelete
  6. MasyaAlloh.. Tenan tho Kang?!
    he he he kalo iya juga ndak apa2, cuma jangan diceritakan semua mbok ntar jadi vietnam.. he he he :-P

    ReplyDelete
  7. http://abikumanis.blogspot.comJuly 14, 2009 at 3:06 PM

    tenan kang ... opo untunge aku gawe2 omong ... nimbulno vietnam ( fitnah )?? ..opo ga' goro2 koment pean iku sing nantine meninmbulkan vietnam ??hehehehe pisss

    ReplyDelete
  8. subhanalloh... niki sa' estu kang nggeh,,,?

    kyai b niku sinten kang?

    wiridan nopo kang??

    ReplyDelete
  9. Wah huebat kang ceritanya, itu rejeki namanya, saya tunggu cerita selanjutnya...suwuunnnn

    ReplyDelete
  10. Subhanallah.... Di Jakarta ada nggak ya para kekasih ALLAH??? Terima kasih Abi yang mau berbagi pengalaman... semakin menambah keyakinan dan keimanan kita...

    ReplyDelete
  11. Salam kang,,
    kulo pun ngertos sing kyai B niku,, dikandani buya. hehee
    kang,, kulo pengen tanya beberapa pertanyaan nang sampean.. oleh nopo mboten? :D

    ReplyDelete
  12. subhanallah wal hamdulillah allahu akbar...

    Sangat mengharukan hati saya bib...

    Salam ukuwah...
    Assalammu alaikum......

    Salam ukuwah...
    Assalammu alaikum...


    subhanallah wal hamdulillah allahu akbar...

    Sangat mengharukan hati saya bib...

    Salam ukuwah...
    Assalammu alaikum......

    Salam ukuwah...
    Assalammu alaikum...

    ReplyDelete
  13. assalamualaikum....ngeri bi,bacanya....salam kenal ya....

    ReplyDelete
  14. Assallamualaikum,terima kasih Gus jadi pembuka jalan kebaikan.

    ReplyDelete
  15. Abi,saya percaya,subhanallah,insyaAllah saya pecinta wali Allah dan pernah bertemu ada yg perempuan karena saya perempuan,ada yg agak tua,bahkan yg menakjubkan ada yg masih sangat muda dan secara fisik sangat baik,dan mereka saling mengenal,alhamdulillah saya diijinkan Allah mengenal mereka,dan ya Allah teruskanlah karunia aku dan seluruh keluarga ku untuk dekat dengan kekasihmu terkhusus Rasulullah

    ReplyDelete
  16. Wali itu mmng benar2 ada. Sprti contoh Wali yg pernah saya kenal dan saya tahu adalah mbah Mail desa Tawang Rejo kecamatan Winong Kabupaten Pati. Beliau benar2 seorang wali yg karomahnya bukan hanya saya yg merasakan tapi bnyk orang. Semula saya tdk percaya ada orang yg punyà kelebihan sprti ini tapi saya benar2 percaya. Bgmana tdk dngn dikasih wirid beliau bisa datang ke rumah sayà.

    ReplyDelete
  17. Assalamu alaikum...mbah Mail desa tawang rejo kecamatan winong Pati benar2 wali Allah. Bnyk karomah yg diperlihatkan kpda saya dan bnyk orang.
    Beliau bisa hadir dirumah saya ketika saya sholat saya kaget dan menjerit. Dulu saya nggak percaya beginian ttpi sekarang saya percaya.

    ReplyDelete
  18. Assalamu alaikum...mbah Mail desa tawang rejo kecamatan winong Pati benar2 wali Allah. Bnyk karomah yg diperlihatkan kpda saya dan bnyk orang.
    Beliau bisa hadir dirumah saya ketika saya sholat saya kaget dan menjerit. Dulu saya nggak percaya beginian ttpi sekarang saya percaya.

    ReplyDelete
  19. mbok yau.. kalo cerita ini benar nama-nama pelaku yang sudah meninggal disebutkan aja gak papa-- daripada gak jelas.. toh beliaunya sudah meninggal. kalu masih sugeng yang gak usah disebut okey lah

    ReplyDelete

eits ! tunggu dulu dong ... kan blom nulis coment ya kan ?! ayo diketik coment-nya ye

KISAH MBAH SHOLEH SEMENDI DAN MBAH FATAH SEGOROPURO

Dulu , sesama habaib jawa apabila sudah berkumpul atau bertemu pasti tak lepas dari yg namanya becanda ala kyai . dan trad...