Saturday, March 7, 2009

gak nyadar yah,, kalau ini adalah aku dulu . . .

.     

Judulnya Aja Bikin Aku sebel . tapi ngga' taunya bermanfa'at juga padaku akhirnya . nih kisah aku saat masih sekolah SD hingga aku diberangkatkan kepesantren sama ayahku . menurutku sih unik . coba deh kalian baca baik-baik dan sabar ya ... tapi jangan keburu berdiri dulu . baca dulu hingga selesai . ok ?! siip deh . kamu emang pengunjung blog yg baik deh pokoknya .

pernah denger kisah lima sekawan kan ? pasti pernah . tapi ini laen . ini yg terjadi dimasa aku masih mengaji pada seorang kyai sepuh yg masih ada ikatan keluarga sendiri dari fam basyaiban didaerahku . namanya kyai ahmad muhajir . nah kalau tadi ada kisah 5 sekawan maka sekarang kisahku ada 4 sekawan . yaitu sebuah persahabatan 4 anak kecil antara aku , abdullah (putra sang kyai tersebut yg aku memanggilnya ami dullah , nizar dan zainul . kita itu dulunya sekelas sajak 1 SD hingga lulus 6 SD .

macam-macam karakter dari diri kita masing2 . ada yang rajin , disiplin dan berwajah ganteng . nah sifat itu dimiliki oleh ke 3 temenku yg aku sebutkan tadi . dan ada yang males belajar , jarang pulang , suka bolos sekolah , ngga' ganteng dan ngga' disiplin . nah alhamdulillah sifat itu cuma aku yang memiliki diantara ke-4 nya he he he .

bayangin aja , dari semuanya itu cuma aku yang paling suka bolos sekolah dan nilainya jelek . satu-satunya anak yang paling sering dapet teguran dari kepala sekolah , ya aku ini . kalau sudah gitu tuh ... akhirnya kena marah juga sama ibu tercinta . tapi kalau ayah sih jarang marahin aku . soalnya si-ayah nih kurang begitu suka pada sekolah . beliau mau dan punya ke-inginan agar anaknya itu masuk kepesantren aja . sah-sah aja dong ... wong namanya keinginan seseorang kan beda2 atuh . ya ngga' ? lho ? kok diem sih semua ? ngga' setuju yah ? ah emang aku pikirin apa ... hahaha .

kita berempat ngaji bareng jika pagi . hampir tiap hari , kita ngga' pernah bolos kalau urusan ngaji . sumpah deh !. berani nyumpah pocong deh hehehe. wah berarti , kita nih sebenarnya anak2 rajin kan ? ah, ya ngga' juga kok . kita nih bisa aktif ngajinya karena setiap habis ngaji kyainya itu selalu ngasih kita uang jajan 2000 - 5000 rupiah tiap harinya... ( yeee kalau gitu sih jelas bisa aktif terus ) . selain ngaji ke kyai muhajir itu , aku juga ngaji ketempat lainnya habis maghrib . tapi sering ngga' masuknya . habis , ngga' ngasih uang sih ( ??? hahahah ).

tapi ada sisih baiknya kok dari aku dibalik kejelekan wajah dan kemalasanku . apa ? aku tuh hobby banget ama yang namanya baca . ya baca apa aja asal bisa dibaca . pernah ( bahkan sering ) ngga' sekolah gara-gara nyelesaikan baca komik seri atau novel silat dari persewaan . kalau nyewa, suka yg seri hingga 60 serian gitu . jadi dari pada sekolah bikin kepala pusing , ya mending bersembunyi dibelakang rumah dan baca komik atau novel silat itu . bayangin , itu berlangsung sampai kelas 6 SD lho . nakal ya ? . kalau masalah hukuman dari guru sekolah , kaya' nya paling sering deh . seperti orang sakit yg slalu nginum obat gitu deh .
masalah cinta gimana ? nah ini nih ... dalam hal ini aku selalu gagal dan ditolak atau ngga' disuka ama cewek2 temen sekolah . ya habisnya nakal banget sih . dalam pikiranku begini , mbok ya sekali-kali ada yang nerima cintaku gitu loh ..meski sebentar aja .. beda banget deh ama ke-3 temenku itu , banyak yang suka dan naksir . kesihan banget ya diriku ?? cieee ...
aha !!! tiba waktunya lulusan !

ujian sudah . jadi tinggal pembagian raport . dan eh , nilaiku pas-pasan . ya udah ga' pp yang penting lulus , titik ! . tau ngga' , apa yg terjadi saat ibu ku ngelihat nilai raportku begitu jelek ? bisa ketebak pasti . marah ! iya , marah . untung ada ayahku . beliau dengan tenangnya melihat nilai raportku . lho ? tiba-tiba beliau tersenyum saat ngelihat nilai raportku amat jelek.
" nah , ini dia anakku ... nilai raportnya banyak merahnya . ini tandanya berjiwa berani . yang penting sebentar lagi masuk dipesantren aja. aku hanya ingin anakku pinter dalam hal ilmu agama. urusan duniawi biar diatur sama Allah "
itu dia kalimat dari beliau . manis emang kenangan dimasa aku masih SD hingga lulusan .

teringat disaat belajar bareng . teringat juga bagaimana perjuanganku menawan hati seorang cewek teman sekelas dengan cara apapun namun dengan hasil yg sangat memuaskan , yaitu gagal total !! . teringat juga bagaimana nikmatnya saat membolos sekolah karena main atau sekedar membaca komik sewaan . ada lagi , yang ga' pernah lupa yaitu aku sering mencuri uang ibuku atau nyai ( nenek ) meski sudah dikasih uang jajanan . tapi ngambil uangnya ya ga' banyak sih . asal bisa dibuat jajanan seumuran 9-12 tahunan gitu . ga' banyak kan ? ya masak anak seumuran 10 tahun nyuri uang jutaan ya kebanyakan atuh ! . ah indahnya masa itu . . .

kini semua temen2 ku pada punya rencana . ada yg nerusin di SMP ini dan itu . kalau aku sih ngga' kepikiran sama sekali . justru ibuku yg berkeinginan agar aku nerusin SMP . namun itu sangat bertentangan dengan kemauan ayahku yang ingin aku masuk dipesantren . dan pada akhirnya , pendapat ayahku yang berhasil . dengan beberapa alasan ayahku bisa meyakinkan ibu agar aku masuk pesantren . sedang aku sendiri ? ah emang aku pikirin apa ..yang penting main terus ... main layang-layang , sepak bola atau dablak sodor ( jenis mainan anak2 ) .

nah yang lucu adalah saat hari pemberangkatan aku dibawa kepesantren di kediri adalah aku ngga' tau kalau aku mau dimasukkan kepesantren . saat itu aku sedang main layang-layang didepan rumah . eh ngga' taunya aku diajak ayah dan ibu . katanya mau pergi gitu aja . pikirku sih mau diajak ke mall atau kemana lah ... aku nurut aja dengan perasaan suka . lamaaa banget didalam mobil . kok ngga' nyampe-nyampe sih ? emang mau kemana ini ? kataku .

akhirnya nyampe juga kesuatu tempat yang kala aku ngelihatnya langsung suka . yaitu sebuah komplek pesantren yang sejuk , dingin dan indah menurutku . aku langsung turun dari mobil dan loncat2 dengan berlari-larian . aku diajak masuk ketempat itu . enak banget tempatnya . setelah lama melihat-lihat suasana didalam dan luar pesantren tersebut aku semakin betah . lalu ayah mendekati aku dan bilang :
" bi , kira-kira kalau kamu mondok disini suka ngga' ? " tanya ayahku .
" suka ! suka ! " itulah jawaban spontanku .
" kamu berani ngga' jika saat ini kamu ayah tinggal dan langsung mondok hari ini ? "
" siap ! saya mau "
wah luar biasa . aku langsung mau . akhirnya aku hari itu juga mondok di pesantren alfalah ploso mojo kediri . dan alhamdulillah bisa sampai 7 tahun disitu . dan hingga sekarang aku sadar bahwa pilihan ayah padaku untuk memasukkan kepesantren ngga' salah . bahkan aku bersyukur atas semua anugrah yang Allah berikan padaku hingga saat ini ..

nah itu kisah singkat ku . terima kasih

Muhammad Khoir Basyaiban

1 comment:

eits ! tunggu dulu dong ... kan blom nulis coment ya kan ?! ayo diketik coment-nya ye

KISAH MBAH SHOLEH SEMENDI DAN MBAH FATAH SEGOROPURO

Dulu , sesama habaib jawa apabila sudah berkumpul atau bertemu pasti tak lepas dari yg namanya becanda ala kyai . dan trad...