Friday, March 6, 2009

‘BURUNG’ sudah ga’ cakep , suka nampang pula !

Santri tidur aneh2 ya jika ngeliat para santri tidur ? ini santri dulu lho ? bukan santri jaman sekarang yang jika kepesantren bawa perlengkapan lengkap seperti layaknya orang mau nginep dihotel . kalau santri dulu engga’ banget . bawa pakaian seadanya dan ga’ bawa bantal atau kasur . ya apa adanya aja . saat aku dulu juga gitu . ga’ kenal ama yg namanya kasur empuk atau bantal guling . jika mo tidur ya langsung aja tancep disembarang tempat . dan bantalnya dari kayu ( dumpal istilah pesantrennya ). biar tempatnya bau atau kotor yang penting bisa ngorok dengan sukses , gitu deh .

senengnya tuh tidur ngumpul2 ama temen2 yang sebelumnya saling bercerita dan becanda diberanda kamar dengan lampu yang udah dimatikan . wah kenangan manis banget tuh . nah saking nyenyak-nya tuh tidur , ga’ jarang juga yang tingkahnya pada petakilan kesana kemari . banyak tingkahnya sih . sama seperti aku . terkadang kaki-ku udah diatas perut temen atau sebaliknya .

jadi jangan heran deh disaat kita bangun dan mumbuka mata kita , maka pertama kali yg kita lihat adalah kaki temen dimuka kita atau diperut atau ternyata ada yg memeluk kita .

ada yg lebih parah lagi nih , yaitu ada yg tidurnya memeluk kita ( ga’ sadar lo , karena tidur ) terus mulut tuh orang mangap ( terbuka ) dan deket dg hidung kita . ditambah lagi dia jarang sikat gigi . waaah .. gimana coba ? angin yg apek terus-2an kita hirup . apa ngga’ ngerusak otak kita tuh ? polusi berat kan ?? hahahah …

apapun itu , tetap aja sebuah kenangan manis selama ada dipesantren . dan aku inget ketika aku ngerjain temenku yg biasanya banyak tingkah dan lucu disaat dia lagi tidur pulas . gini ceritanya :

namanya sholeh . dia lucu banget . tanpa becanda-pun banyak yg ketawa . emang sudah dari struktur wajahnya kali ye ? . dia masih agak baru dipondok . tapi udah banyak temennya . dia juga sering ngerjain temen2 . tapi ada satu kelemahan dia , takut dg gelap atau sejenis hantu gitu deh . makanya jika dia tidur , dia ga’ mau ngumpul sama kita2 karena gelap . dia pilih tempat yg terang .

nah itu dia yg sering bikin orang pada heboh . gimana engga’ ? udah tidurnya ditempat terang , eh sarung-nya terkadang menyingkap ke-atas hingga keliatan ‘ burung ‘nya . lagian kenapa sih ga’ pakai celana dalem ? aneh ya ? ( emang kamu suka pakai itu ya bi ? hehehe ).

Jadinya , tiap ada santri yg lewat ditempat sholeh tidur pasti pada ketawa . habis , ada tontonan gratis dan ga’ bermutu banget sih !. aku sebel ngeliat-nya . udah ‘burung’nya jelek , item lagi ! hehehe .

segera aku ngambil tinta item ( mangsi istilah pesantrennya ) . lalu aku menuju ketempat sholeh itu . semua temen2 yg tahu rencana–ku itu pada ketawa dan ngedukung 100 persen pokoknya . nah sekarang sholeh yg sedang lelap tidur dan ngorok tepat dihadapanku .

dan ? . . . uh , burung-nya itu loh yang buat aku jengkel banget ( ikutan mejeng kali ye ? ) . segera aku buka tutup tinta item yg aku bawa tadi . aku oleskan tinta itu disekujur tubuh ‘burung’ sholeh yg ga’ cakep itu ( tapi sok cakep ).

Rata sudah olesan tinta item tadi . sekarang , ‘burung’ sholeh terlihat aga’ keren dikit . asli kaya’ anakan lele yg item hahaha . semua yg ngelihat pada ketawa . jadi rame pondok malam itu .

nah sekarang kalian pasti bertanya apa yg terjadi selanjutnya ?

gini , tiba waktunya para santri bangun dan mandi . agar bisa berjama’ah sholat subuh . namun sholeh ? dia sih udah biasa bangun telat . disaat para santri sholat subuh , dia baru bangun dan menuju kemamar mandi . biasa dong jika orang yg baru bangun tidur , akal-nya masih belum normal . dan biasa juga kan tiap cowok jika dikamar mandi yg pertama kali dikerjakan adalah kencing dulu .

nah itu dia ! ( menurut cerita sholeh sendiri nih ) saat dia kencing , matanya masih setengah melek . dia pegang ‘burung’nya agar kencing-nya lebih ter-arah dan ga’ nyasar ketempat laen . nah disaat sudah selesai kencingnya , dia lihat ‘burung’nya itu . dan ? apa yang terjadi ? kami yg sedang sholat deket tempat sholeh mendengar suara :

“ tolong . . . ‘ burung ‘ ku ilaaang !! “ .

sumpah deh ! dia ngomong gitu dg pakai bahasa jawa . kan burungnya di-olesi hitem . jadinya kalau dilihat sama mata yg masih ngantuk dan akal yg blom semuanya kembali , ya pasti kaget lah . kami yg sedang solat tuh pada nahan ketawa . lucu banget deh sholeh ,

sejak saat itu , dia kalau tidur hati2 banget dan mulai pakai celana . aman deh sekarang .

thanks – abi .

2 comments:

  1. hih, jijay, pake diolesin mangsi WKWKWKWK

    btw salam kenal ya ^^

    ReplyDelete
  2. nakal nakaaaalll...wkwkwk...

    ReplyDelete

eits ! tunggu dulu dong ... kan blom nulis coment ya kan ?! ayo diketik coment-nya ye

KISAH MBAH SHOLEH SEMENDI DAN MBAH FATAH SEGOROPURO

Dulu , sesama habaib jawa apabila sudah berkumpul atau bertemu pasti tak lepas dari yg namanya becanda ala kyai . dan trad...