Monday, February 23, 2009

Tentang Poligami 

 

abi 5

ah kalian .. blom juga baca udah cemberut aja . mang judulnya serem ya ? g' juga kok .jujur aja yah aku tuh sebenar-nya males bgt ngebahas tentang poligami . yah cuma krn permintaan dari tmn2 cwek ( kebanyakan ) dan cwok ( cuma 2 org hihihi ) utk nulis seputar poligami . sebenarnya masalah poligami udah abi singgung di friendsterku .meski cuman dikiiiiiit aja . aku cuma nulis gini di- FS :

" tentang poligami ?? ... biarkan takdir ALLOH yg berperan . g' perlu ngotot PRO n KONTRA ok ?! " .

emng dikit sih yg ku tulis . tp itu udah bisa jadi panjaaaaang bgt . padahal , aku tuh paling g' suka ama yg panjang2 hehehe ( mang apa'an seh bi ? ) . dan aku bukan pd posisi menolak or mendukung . aku sih nyantai aja .

bagi yg udah berpoligami aku dukung . dan smoga apa yg kalian lakukan emang bener2 dpt ridho ALLOH ( dan emang ALLOH juga memperbolehkan poligami dikitab sucinya dg berbagai macam syarat ) .

dan bagi yg berniat cuma punya satu istri saja , itu juga sangat aku dukung . semoga niat kalian itu juga mendapat ridho ALLOH juga  amin .

ridho ALLOH itu emang sgt pnting bgt kok . dari kedua contoh td , bisa juga dua2-nya tlah dapet ridho-NYA atau malah ga' dapat . atau malah salah satunya yg dpt ridho-NYA . nah itu tergantung dari si-pelaku poligami itu sendiri . dan kalian juga ga' baik langsung menvonis begini :

= " liat tuh si-mamad nikah lg ma cewk , ky' bisa adil aja dia "

= " ih , amit2 deh ! tuh si-juminten ... mauuuu aja dipoligami . klo aku sih , sorri la yau !! " .

= " eh bodoh bgt ya si-rokayah (cwek ) .dijadi'in istri yg ke-2 si mamad . otaknya ditarok dimana sih?".

hehehe ... dari 3 pernyataan diatas tersbt , ada satu pendapat abi :

" nganggur amat sih ngomongin org lain ? si-amat aja tenang kok ( ?? ) hehehe . lagian , itu kan g' terjadi pd diri kalian atuh ? ya kan ? yg penting rumah tgga kalian fine2 aja kan beres.

gini lo ... biarkan aja , waktu toh pst berlalu . semuanya kan ada balasannya, ato karma dari perbuatannya. jika niatnya ga' baik , ya pst-lah akan menuai hasilnya . namun jika niat nya baik dan dibuktikan ditengah2 rumah tangganya , ya ngapain juga ALLOH menghancurkan mahligai yg tlah dibangun . yg pasti akan baik pula hasilnya . ya kan ? kalian tidur ya ? ah kalian ... terusin bacanya dong .

aku akan contohkan seorang lelaki yg berpoligami yg kurang baik dlm niatnya , dan ga' mendapat ridho-NYA . begini :

- lelaki yg menikah lagi karena merasa mampu dlm hal materi ( krn dia kaya atau gajinya yg gede ) dia ingin terlihat gagah ketika org tahu dia ber-istri lebih dari satu . dia ga' seberapa teliti pd rizky yg dia gunakan makan sehari2 nya bersama anak dan istrinya berasal dari sesuatu yg halal atau haram atau syub-hat ( ini sgt penting ! jika keluarga rizkynya jelas halal pst mudah membentuk dan mengarahkan ke jalan ALLOH , jika haram , wah ! suliiit bgt deh . bahkan istri dan anak2-nya kelak akan berani pd-nya dan ga' punya tatakrama lagi sama orang tua . org yg biasa makan dari haram akan dihilangkan oleh ALLOH kewibawaannya dihadapan siapapun ).

akhirnya dia nikah lg tanpa dia mampu mendidik keduanya dalam hal agama yg secara sempurna dan mendetail disegala bidang hukum agama . dia g tau ke-adilan dlm poligami ( adil itu relatif buat kita2 yg notabene adalah manusia biasa . bukan spt adilnya ALLOH atau nabi2-NYA , krn kita g akan pernah bisa spt itu ) . keadilan yg tercipta secara musyawarah dan disepakati oleh kedua istri2nya . dan hehehe ...hebatnya lg , dia sendiri ga’ seberapa tau ttg ilmu agama ( abis ! sejak kecil hingga jd org dewasa wkt-nya cuma disibukin urusan duniawi aja sih ) .

nah kalau dia g bisa ilmu agama , gimana bisa mendidik ke-dua istrinya secara islami yg sempurna ? . padahal ilmu agama itu kan jadi sarana yg bs buat manusia merasa rendah diri dihadapan ALLOH ? . kalau emang gitu keadaannya , ya jangan heran jika semakin lama mahligai rumah tangganya akan semakin terpuruk . istri pertama dan ke dua saling menuntut . anak2 mereka saling bertikai . saling rebutan harta warisan ... yah kasihan deh ... sedang sang suami disaat masih hidup akan menyaksikan percek-cokan yg ga’ ada hentinya antara sesama istri dan sesama anak2nya . lalu dia meninggal dunia .

di saat dia sdh matipun masih diperlihatkan padanya oleh ALLOH hasil ketidak becusannya saat didunia dulu . hmmm na'dzubillah min dzalik . ( kejadian seperti ini , sering abi jumpai lo )

-  beda bgt dg poligami yg tlah mendapat ridho-NYA, pst akan terliat harmonis rukun dan sejahtera . terliat pula dari istri yg ke 1 dan yg ke 2 pst rukun dan saling membantu . terasa sgt akrab melebihi seorang saudara . kangen2-an malah .sering telp2-an dan SMS-an sekedar nanyain kabar , ato nanya resep2 masakan dll. lucu kan ? .

kalau sesekali terjadi perbedaan pendapat ato masalah mah , itu udah biasa atuh . namanya juga rumah tangga . namun semuanya terlewati begitu aja dg baik dan kembali rukun lagi . bagi sang suami-nya terliat sayang pd keduanya . dan karena mendapat ridho-NYA pula sang suami ibadahnya tetep dan ga' berkurang .

dia beri istri2 dan anak2nya dg rizky yg halal . dia sangat meneliti rizky yg dia dapat agar hy dapat yg halal saja ( ingat ! jika keluarga tak pernah kemasukan sesuatu yg haram , maka akan mudah diarahkan yg baik ) . dia didik ke-2 istri dan anak2-nya . apalagi sang suami itu emang tau banyak tentang ilmu agama . jadi sambil menjalani kehidupan rumah tangganya , dia didik istri2 dan anak2-nya lebih mengenal ALLOH . dia upaya-kan seluruh keluarganya terbiasa dlm hal ibadah wajid dan sunnah-nya . dia upayakan agar keluarganya terbiasa melantunkan ayat-2 alquran setelah habis sholat maghrib dan subuh .

pd setiap disamping istrinya yg mana-pun atau anak2-nya , dia biasakan memberi nasihat2 , atau kisah2 para tokoh islam . dia ajarkan pd keluarganya tata cara ber-ibadah secara islami yg sah ( ilmu fiqh ) .

atas usaha sang suami spt yg abi sebutkan tadi , maka bukan tidak mungkin seluruh keluarga nya akan semakin bertambah dlm hal mengenal ALLOH . istri-2 nya sangat senang ketika melaksanakan ibadah . anak2nya pun semakin memahami ilmu agama . mereka juga semakin senang dlm hal beribadah . dan itu mereka lakukan setiap hari-nya karena sdh terbiasa atas didikan ayah dan bundanya .

ah .. sungguh ! indah nian keluarga spt itu . meski dalam lingkup poligami . sang suami merasa nyaman disaat masih hidup . dan nikmat pula disaat sdh mati . dan ALLOH akan memperlihatkan pd-nya hasil nya . sang suami mati meninggalkan istri2 dan anak2 yg sholeh dan sholihah . yg mengharumkan dunia islam . dan mengharumkan nama orang tuanya . ( kejadian fakta yg seperti ini , sering dan banyak abi jumpai juga kok )

nah , udah kalian baca kan contoh poligami yg gagal dan yg sukses ?

inti pd tulisan abi ini adalah :

jangan kalian ributkan poligami itu . blom tentu yg beristri 1 akan harmonis kok . banyak contohnya . dan blom tentu jg yg berpoligami itu berantakan ..

so ... kebaikan itu bisa ada dimana2 dan diposisi apapun . kejelekan juga bisa ada dimana2 dan posisi apapun ..

jika nantinya kalian menemukan wanita yg berstatus istri pertama , jgn lah kalian ejek dan memanas-manasi dia , krn wanita itu sungguh bak mutiara disisi ALLOH . ahli surga .

blom tentu kita spr wanita itu . dia sangat luar biasa . kehidupan cuma sebentar dan dia insyalloh mendapat surga-NYA .

sebaliknya , jk kita bertemu dg wanita yg berstatus istri ke-2 dari seorang lelaki ( asal bkn dari hasil kurang baik atau perselingkuhan atau merebut suami org lain dg cara yg kurang baik ) . maka hargailah dia . dia juga termasuk wanita yg baik dan bermartabat disisi ALLOH . krn dia telah ridho pd keadaannya . dan dia juga layak mendapatkan surga-NYA . asal semuanya berjalan yg baik .

ok .. cukup ini dulu ya ... sewaktu-waktu akan ada penambahan atau perubahan pd tulisan ini .

dari aku abi – surabaya

. ______________________

PRO & KONTRA POLIGAMI ( becanda atuh )

Cik e kethok serius sithik :

Mulane ojo didelok maneh kontra opo pro-poligami ... sing penting Lakoni sing menurut Al-quran iku halal .... dadi sing paling penting keluargane dewe aja nganti ngufurake Alquran, aja nyimpang saka Ajarane Allah swt. Mosok sampe saiki isih gontok-gontokan debat pendapat ... nafsirke nganggo versine golongan tertentu sing pro & kontra poligami.

Padahal masalah iki mbiyen wis nate digagas Pak Karno lan Pak Natsir. Pak Karno ngelarang poligami tapi Pak Natsir sangat mendukung poligami soale ning AlQuran dihalalkan. Tapi malah pak Karno bojone luwih saka siji, Pak Natsire sampe almarhum bojone cuma siji.

Nuwun

______________________________________

Pihak yang pro Poligami

1. Keluarga almarhum Munir terutama istrinya, lebih memilih Poligami daripada Policarpus.

 

2. Astrid, penyanyi yang mempopulerkan "Jadikan Aku Yang Kedua" dalam album Cilapop 2006 adalah artis yang paling mendukung poligami. Tapi saat ini, dia sangat membenci Aa Gym karena kehilangan kesempatan menjadi yang kedua.

3. Sebagian besar staf departmen kesehatan juga lebih mendukung para pria di negeri ini poligami daripada polio/lumpuh. Tapi mereka setuju jumlah istrinya dibatasi, karena apabila tidak dibatasi, pria yang terlalu banyak poligami juga bisa berakibat lumpuh.

4. Sebagian besar dokter menyambut baik Poligami karena akan menambah bidang spesialisasi kedokteran setelah di beberapa klinik dijumpai Poli Anak, Poli THT, Poli Syaraf dll. Para dokter ini kemungkinan akan berseberangan dgn BKKBN, karena keberadaan Poligami dapat berkembang secara paralel dengan Poli Anak (banyak anak), sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu program KB Nasional.

Pihak2 yang tidak atau kurang suka dengan Poligami

1. Orang yang baru bisa naik sepeda lebih pilih Polygon drpd Poligami. 

2. Keluarga besar Djarum Kudus & Hartono Elecronics kurang setuju dgn Poligami karena dikhawatirkan bisa menjadi pesaing Polytron.

3. Kalangan olahragawan kurang setuju dengan adanya poligami karena dikhawatirkan dapat mengganggu program pengembangan poli pantai. Mereka juga mempertanyakan persiapan arena bermain poligami sebelum cabang ini dipopulerkan.

hahahaha . . . lucu g ?

2 comments:

  1. Assalamualaikum..

    SWT... Top banget tulisannya bi...
    Apalagi tentang yg pro dan kontra Poligami..
    Hihihihihihi..

    Pengagum Buyah Mahfudz Karobellah

    ReplyDelete

eits ! tunggu dulu dong ... kan blom nulis coment ya kan ?! ayo diketik coment-nya ye

KISAH MBAH SHOLEH SEMENDI DAN MBAH FATAH SEGOROPURO

Dulu , sesama habaib jawa apabila sudah berkumpul atau bertemu pasti tak lepas dari yg namanya becanda ala kyai . dan trad...